Penyebab terjadinya gerhana matahari

Penyebab terjadinya gerhana matahari

Posted on

Penyebab terjadinya gerhana matahari – Sobat sudah mendengar di berita bahwa akan tejadi gerhana matahari total pada tanggal 9 maret 2016 yang akan melintasi 11 provinsi di indonesia di antaranya, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, bengkulu dan 6 provinsi yang lainnya.

ada mitos unik di kalangan masyarakat jawa ketika terjadi gerhana matahari bahwa matahari di makan oleh batara kala, ternyata bukan di jawa saja di etnis tionghoa kuno pun percaya, bahwa ketika terjadi gerhana matahari mataharinya di telan oleh naga dan masih banyak lagi mitos yang bertebaran mengenai gerhana matahari.

Lantas bagaimana dari sudut pandang ilmiah, gerhana matahari terjadi seperti yang di kutip saya dari wikipedia bahwa “Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.” itu menurut wikipedia.co.id. dalam kepercayaan islam ketika terjadi gerhana matahari di anjurkan untuk shalat gerhana.

 

Penyebab terjadinya gerhana matahari

 

Tips yang harus di ingat ketika terjadi gerhana matahari jangan melihat secara langsung di larang karena dapat meyebabkan retina mata rusak dan bisa mengalami kebutaan, cara yang dapat digunakan yaitu melihat dengan cara tidak langsung, menurut wikipedia.co.id memakai kacamatapun tidak boleh melihat langsung ke arah gerhana karena tidak dapat menyaring radiasi inframerah yang bisa mengakibatkan rusaknya retina pada mata.

gerhana matahari terjadi sangat cepat sekitar 7 dan 58 detik jadi bagib yang mau melihatnya harus siap-siap keburu hilang nanti dan jangan lupa pake alat.


Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab terjadinulya gerhana matahari, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.