cara unlock boot loader xiaomi

Cara unlock bootloader xiaomi

Posted on

Cara Unlock Bootloader Xiaomi – Dalam tutorial kali ini, saya akan memberikan pada teman-teman bagaimana cara unlock atau membuka Bootloader pada smartphone Xiaomi dengan menggunakan Mi flash ini merupakan alat yang secara resmi diberikan oleh pihak Xiaomi.

Seperti yanag telah diketahui oleh penggemar ponsel murah tapi mempunyai spek tinggi, produk Xiaomi terus meningkat hari demi hari secara global. Setelah sukses besar dari ponsel Xiaomi sebelumnya . Mereka memperluas pasarnya secara global dengan produk terbaru dan inovatif.

cara unlock boot loader xiaomi

Ponsel merk Xiaomi populer di seluruh dunia karena spesifikasi mereka tinggi, kualitas membangun dan mempunyai harga yang bisa dikatakan relatif murah dan juga, alasan utama kepopularitasnya adalah OS Android yang mengusung MIUI yang sangat mudah digunakan atau user-friendly.

Secara default perangkat ponsel Xiaomi datang dengan keadaan terkunci bootloadernya karena alasan keamanan. Selanjutnya, dalam posting kali ini, saya akan membahas mengenai hal ini yaitu bagaimana caranya supaya bootloader Xiaomi bisa dibuka atau unlock bootloader .

Pada dasarnya semua merk ponsel Xiaomi yang telah beredar dan mungkin yang akan bereda akan mengusung dengan keadaan bootloadernya terkunci.

Dan untuk membuka bootloader, kita harus mengikuti beberapa langkah dengan izin resmi Xiaomi. Kita harus mengajukan permohonan untuk membuka atau unlock bootloader , setelah mendapatkan persetujuan dari pihak Xiaomi bahwa kita diperbolehkan membuaka bootloadernya baru kita bisa membukanya dengan menggunakan bantuan software yang memang dikembangkan oleh pihak Xiaomi itu sendiri yaitu dengan menggunakan Mi Flash tool.

Mengapa pihak Xiaomi mengunci Bootloader nya? Ini pertanyaan pertama yang muncul dalam pikiran saya. Apa alasannya Xiaomi melakukan itu? Mereka melakukan ini karena alasan keamanan. Mereka ingin memastikan keselamatan perangkat yanag di buat oleh perusahaannya untuk menghindari seandainya perangkat Anda hilang atau dicuri oleh seseorang.

Dengan keadaan bootloader terkunci pengguna tidak bisa melakukan flash ulang atau menggunakan kustom Rom untuk menggunakan perangkat apabila diluar kendali si pemilik perangkat yang bersangkutan, bahkan ia tidak bisa masuk ke pemulihan atau recovery untuk untuk mereset atau melakukan pengaturan ulang pabrik. Alasan utama ini, mengapa pihak Xiaomi mengunci bootloader ponsel.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Apa yang dimaksud dengan unlock bootloader?

Unlocking bootloader merupakan proses yang mana sobat bisa membuat perubahan pada perangkat Android sobat. Dengan membuka bootloader sobat bisa menggunakan kustom Rom atau menggunakan Rom diluar yang banyak tersebar luas di forum-forum seperti Rom Remix dan lain-lain, selain itu sobat juga bisa nge-root ponsel kesayangan, yang biasanya dilakukan untuk menembus batas yang sudah di berikan oleh pabrik itu sendiri.

Agar ponsel android Xiaomi kamau bisa di unlock bootloadernya melalui Mi Flash. Proses ini berhasil bekerja dengan baik pada perangkat seperti Xiaomi Redmi note 3, Xiaomi Redmi note 4, Mi 4C, Mi note Pro, Mi 4S, Redmi 5 plus, Redmi 3, Xiaomi Mi 5 C dan bahkan mungkin merk ponsel yang akan dikeluarkan di masa mendatang.

Sebelum melakukan unlock bootloader pada ponsel Xiaomi?

Catatan penting:

a. Unlock bootloader akan menghilangkan garansi.

b. Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkan akibat kesalahan atau kegagalan selama proses ini.

c. Cara ini berlaku hanya untuk ponsel saja . Jangan mencoba metode ini pada produk yang berbeda.

Syarat-syarat:

1. Pastikan bahwa Anda sudah melakukan full backup perangkat Anda untuk mencegah kehilangan data pada ponsel sebelum melakukan unlocking.

2. Menginstal Driver USB Xiaomi pada komputer sobat.

3. Mengaktifkan USB Debugging pada ponsel Xiaomi sobat.

4. Pastikan bahwa MIUI ROM sobat ori bukan Rom distributor untuk melakukan unlocking.

Bagaimana cara unlock Bootloader ponsel Xioami 2021?

Proses unlocking bootloader ada dua cara. Cara pertama yaitu sobat harus melakukan permintaan resmi dengan cara meminta izin pada pihak yang bersangkutan yang kemudian bisa dilakukan dengan fastboot mode.

1. Cara meminta izin untuk unlock bootloader.

1. Langkah pertama yaitu dengan cara membuka Tautan ini untuk mengajukan permohonan. Setelah terbuka perhatikan di bawah ada tulisan “Unlock” silahkan klik.

2. Pada halaman berikutnya, sekarang sobat harus log in dengan Mi Account. Jika sobat tidak memiliki Mi account, kemudian silakan membuat akun yang baru tapi pastikan bahwa sobat log in dengan account yang sama pada perangkat intinya akun yang dibuat baru terkait dengan ponsel xiaomi yang mau di unlock bootloadernya.

3. Setelah Sign in, sobat harus mengisi formulir dengan alasan yang tepat supaya proses untuk unlock bootloadernya lebih cepat. Sobat bisa menggunakan alasan seperti berikut.

  • Perangkat saya terjebak di Logo atau bootloop.
  • Ponsel Xiaomi saya restart terus.
  • Saya ingin melakukan root pada ponsel saya.

1. Masukkan nama lengkap.

2. Pilih negara.

3. Masukkan nomor ponsel.

4. Sekarang, silahkan alasan yang tepat mengapa ingin unlock bootloader.

5. Isi kode Captcha.

6. Silahkan ceklis pada bagian “I confirm that I have read……”.

7. Kemudian klik tombol Apply Now.

4. Pada halaman berikutnya, sobat tunggu kode verifikasi melalui no telpon yang tercantum ketika mengisi formulir permohonan. Apabila sudah menerima kode verifikasi silahkan masukkan kode yang Anda terima di ponsel kemudian tekan “Next”. Jika sobat tidak menerima kode yang di berikan lewat no telpon silahkan kirim ulang.

5. Setelah berhasil mendapatkan kode verifikasi lewat no ponsel, kemudian akan diarahkan ke halaman yang mengatakan bahwa permohonan sobat telah berhasil didaftarkan, nah disinilah harus memiliki kesabaran extra yaitu menuggu proses persetujuan biasanya memakan waktu kurang lebih 10 hari atau kurang.

Sekarang yang harus dilakukan adalah menunggu selama beberapa hari, apabila proses sudah disetujui oleh pihak Xiaomi sobat akan mendapatkan pemberitahuan persetujuan melalui SMS atau email. Ini mungkin memakan waktu lebih dari sepuluh hari jadi Bersabarlah.

Semua yang harus Anda lakukan adalah menunggu beberapa hari, Anda akan mendapatkan pemberitahuan persetujuan pada ponsel melalui SMS.

Setelah mendapatkan SMS langkah selanjutnya yaitu untuk unlock bootloadernya dengan menggunakan alat Xiaomi Mi Flash.

2. Unlock bootloader dengan menggunakan Mi flash

Silahkan penuhi syarat-syarat berikut ini :

  • Mempunyai Laptop atau PC (Wajib).
  • Silahkan download Mi Flash tool.
  • Pastikan bahwa USB Debugging diaktifkan pada perangkat sobat. Jika tidak muncul silahakn buka pengaturan/setting > kemudian pilih bagian “tentang atau about phone” setelah terbuka maka akan ada tulisan “MIUI Version atau Versi MIUI” cara mengaktifkan USB debugging yaitu dengan cara tap atau ketuk 7 – 8 kali pada bagian miui versian tadi sampai ada tulisan “you are develover now”.
  • Sekarang buka lagi pengaturan/setting > pengaturan lainnya/more setting pada MIUI 10 biasanya ada pada bagian setting tambahan/ additional setting> kemudian pilihalah pengembang/ developer options, setelah terbuka aktifkan USB Debugging. Pada bagian bawah silahkan aktifkan Juga OEM unlock biasanya dengan cara menggulir ke samping.
  • Menginstal Driver USB Pada komputer atau laptop. yang belum punya silahkan Download Xiaomi USB Driver terlebih dahulu.
  • Jangan lupa backup data penting sobat untuk menghindari hilangnya data.
  • Silahkan Login dengan Mi Account sobat.

Langkah-langkah untuk unlock Bootloader ponsel Xiaomi

1. Silahkan extrack Mi Flash tool yang sudah di download tadi.

2. Sekarang buka aplikasi Mi Flash tadi dengan cara mengklik aplikasinya, maka akan muncul “Disclaimer” silahkan klik “Agree”.

3. Sekarang sobat harus login dengan Mi Account yang digunakan saat melakukan permohonan unlocking yang digunakan pada ponsel, selanjutnya klik “sign in”.

4. Setelah berhasil login,akan menunjukkan bahwa perangkat sobat belum terhubung. Sekarang, sobat colokan usb ke komputer dan kemudian ke ponsel Xiaomi untuk melanjutkan lebih jauh.

Untuk memastikan ponsel terhubung dengan baik perhatikan pada tulisan “Unlock”, apabila tulisannya belum bisa di eksekusi tidak bisa di klik berarti posenya terhung dengan baik, apabila tombol tadi bisa di klik artinya ponsel sudah terhung dengan benar.

4. Hubungkan perangkat Anda dengan USB ke PC di fastboot Mode. Untuk masuk pada mode fastboot, matikan ponselnya , setelah mati silahkan hidupkan kembali dengan cara menekan tombol power + tombol volume bawah secara bersamaan.

5. Sekarang tinggal eksekusi dengan cara klik tombol “Unlock”, maka proses unlocking bootloader akan mulai.

6. proses ini akan memakan waktu sekitar 3-5 menit untuk menyelesaikan Unlocking perangkat sobat. jika berhasil sobat akan melihat pesan “Unlocked successfully” .

Setelah berhasil unlock bootloadernya silahkan tekan Reboot untuk resrtart ponsel. Selamat sekarang ponsel sobat sudah bisa di root dan pasang aplikasi TWRP yang memungkinkan bisa gonta ganti Rom semaunya tanpa ada batasan.

Bagaimana cara Relock Bootloader atau mengunci ulang bootloader setelah Unlocking xiaomi?

Setelah unlocking sobat masih bisa lock bootloader kembali yaitu dengan cara Flash ulang dengan menggunakan Rom MIUI global stable jangan menggunakan Rom abal-abal apalagi menggunakan custom Rom.

Catatan penting apabila error saat melakukan unlock bootloader xiaomi:

  • Apabila sobat mengalami “Couldn’t Verify Device Error” saat proses unlocking , error ini saya alami sendiri ketika ingin unlock bootloader redmi 3s . Cara mengatasinya sebenarnya cukup simpel.
  • Pastikan sobat menerima pesan bahwa sobat sudah bisa membuka bootloader.
  • apabila masih error silahkan tunggu beberapa hari seteleah permohonan unlock bootloader di setujui.
  • Apabila dalam jangka waktu 10 hari tidak ada balasan silahkan buka kembali proses permohonan dengan menggunakan link di atas apakah di terima atau di tolah , apabila di tolak silahkan ajukan permohonan kembali.

Apa yang terjadi setelah unlock bootloader pada Xiaomi?

Unlocking bootloader dapat menyebabkan beberapa kehilangan data.

  • Tidak bisa menggunaka fitur update OTA atau lewat internet.
  • Apabila ingin menggunakan atau meng akses Recovery Mode maka akan membutuhkan software tambahan yaitu Mi PC Suite.
  • Beberapa fitur yang sebelumnya berfungsi dengan baik maka beberapa akan mengalami masalah tapi jarang terjadi sih, saya sendiri tidak ada kendala setelah unlock bootloader redmi 3s saya.

Apakah saya masih bisa menggunaka recovery mode setelah melakukan unlock bootloader?

Jawabannya, jelas tidak bisa karena kita sudah membongkar batasan yang sudah mereka buat, untuk mengatasi ini sobat bisa menggunakan atau install TWRP.

artikel ini sudah pernah saya posting di jalantikus.tech yang domainnya sudah tidak aktif dan sudah tidak saya kelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published.