cara restore website wordpress

Cara restore website wordpress

Posted on

Cara restore website wordpress – Sebelumnya saya sudah memberikan bagaimana cara backup website wordpress disini sekarang saatnya membalikan keadaan bagai mana caranya merestore website wordpress kita atau mengembalikan data yang sebelumnya sudah full ter-backup .

Disini saya anggap kamu sudah mengikuti cara backup wordpress sebelumnya karena tutorial ini nyambung pada postingan sebelumnya. Siapkan telebih dahulu file backupnya, alangkah baiknya periksa lagi data dan file backup terakhir siapa tau ada yang kurang.

Cara ini pada postingan sebelumnya sudah sedikit saya singgung bahwa cara ini merupakan cara yang sangat mudah untuk dilakukan dan cara ini bisa digunakan untuk pindah hosting dari satu layanan ke layanan lain baik itu Shared Hosting , Cloud Hosting, Vps Hosting, Dedicated Hosting dan jenis hosting yang lainnya, itu merupakan alasan mengapa kamu wajib membackup data websitenya baik itu website yang terbuat dari wordpress atau aplikasi yang berbasis web-based kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengembalikan data website pada keadaan terakhir kali website tersebut di update. Tapi disini saya tekankan saya untuk sekarang saya hanya membahas tentang Cara restore website wordpress saja.

Kalau kamu posisinya sedang berpindah hosting, ya jelas harus ada hosting penggantinya, apabila kamu sedang memperbaiki website karena error atau corrupt karena melakukan modifikasi atau sering meng otak-atik websitenya silahkan ikuti langkah yang saya jelaskan di bawah ini.

Sedikit tips cara restore website wordpress apabila terjadi sesuatu hal yang sangat tidak di inginkan pada website kamu baik itu di sengaja ataupun tidak disengaja alangkah baiknya kamu tenang jangan buru-buru mengambil tindakan , ingat-ingat awal terjadi error supaya bisa di perbaiki dengan cepat, apabila kamu tegang maka yang ada website malah makin berantakan dan tidak karuan.

Cara restore website wordpress

1. Pastikan kamu login pada panel penyedia hosting

Cari domain kamu kemudian klik manage biasanya disini kamu bisa melihat dan sekaligus bisa login ke cpanel langsung tanpa harus memasukan user Cpanel dan passwordnya.

2. Login ke Cpanel

Apabila kamu tau alamat Cpanel dan user beserta passwordnya silahkan login langsung ke Cpanel, setahu saya tidak semua penyedia layanan hosting memberikan alamat Cpanel user dan passwordnya lewat email, tapi ada juga yang memberikan detail secara lengkap lewat email tergantung penyedia hosting.

3. Buka file manager

Sekarang cari File Manager dan buka folder Public_html (ini berlaku apabila dalam satu hostingan hanya satu domain saja, apabila kamu mempunyai banyak domain atau memasukan domain lewat Addon Domain dalam satu hostingan , pastikan seperti ini —> namadomainyangakandirestore.com –>Public_html) .

cara restore website wordpress

4. Upload File

Sekarang silahkan upload file backupan yang telah kamu buat dengan cara klik Upload pada bagian menu atas.

5. Extract file pada folder public_html

Setelah file backup website kamu terupload pada bagian Public_html silahkan klik kanan dan extract (disini saya menamakan file backupnya sebagai Backup.zip) biarkan directorynya pada bagian /public_html —> extract file (s) seperti pada gambar di bawah ini.

 

cara restore website wordpress

cara restore website wordpress

6. Cek koneksi ke database

Setelas selesai di extract silahkan buka website kamu lewat browser pasti ada error Error establishing a database connection . Kenapa ada error establishing a database connection ? bagai mana cara menangani error establishing a database connections.

jawabannya:

  • Kamu belum membuat database di Cpanel.
  • Apabila kamu sudah yakin bahwa kamu sudah membuat database di Cpanel, Coba periksa passwordnya dan username database bersangkutan pada bagian wp-config.php apakah sudah sama dengan yang telah kita buat siapa tau salah.

7. Buat nama database

Kembali ke menu Cpanel, Sekarang buat username dan database untuk websitenya dengan cara cari menu DATABASES —> klik —>isi nama Database —> kemudian Create Database.

 

cara restore backup website pada cpanel

8. Buat username database

Jangan dulu keluar tekan Go Back masih pada halaman yang sama gulir ke bawah pada bagian MySQL Users dan Add New User, silahkan isi dengan User dan Password yang akan dgunakan pada website.

cara restore backup website cpanel

Apabila user dan password telah dibuat tekan Go Back Masih pada menu yang sama , gulir lagi ke bawah, pada bagian Add User To Database , silahkan pilih username dan database yang telah kita buat di atas dengan cara klik menu drop down.

 

cara restore backup website cpanel

cara restore website wordpress di Cpanel

Catatan Penting !!

  • Ketika menekan tombol add muncul menu baru Manage User Privileges disitu akan terlihat jelas nama database yang telah kita buat beserta user databasenya. silahkan periksa apakan sudah sesuai.
  • Kalau semuanya sudah sesuai, silahkan centang pada bagian ALL PRIVILEGES kemudian klik Make Changes sehingga seperti pada gambar berikut ini restore website wordpress pada Cpanel

10. Buka PhpMyadmin

Kembali ke halaman Cpanel dan cari phpMyadmin kemudian klik

 

11. Restore database

Setelah phpMyadmin terbuka sekarang kamu restore databasenya dengan cara klik nama database yang telah kamu buat di atas, kemudian klik menu Import dan silahkan upload database yang telah di backup dengan cara Choose File kemudian kli Go tungu sampai ada tulisan Import has been successfully finished (tandanya bahwa database website kamu berhasil di import tanpa ada error, apabila ada error silahkan komen di bawah.

 

cara restore wordpress di cpanel

 

12. Buka wp-config.php

Apabila database berhasil di import silahkan buka lagi File Explorer kemudian buka folder Public_html dan cari wp-config.php . Setelah ketemu filenya silahkan klik dan edit.

 

cara restore website wordpress di cpanel

13. Masukan user dan password database

Dalam keadaan wp-config.php terbuka silahkan cari kata ‘DB_NAME‘ isi dengan ‘namadatabase’ pada bagian ‘DB_USER‘ isi dengan ‘userdatabase’ pada bagian ‘DB_PASSWORD‘ isi dengan ‘passworddatabase’ setelah semuanya terisi silahkan simpan perubahan dengan cara menekan tombol “Save Changes” pojok kanan atas.

catatan penting:

  • ‘namadatabase’ isi dengan nama database yang telah dibuat
  • ‘userdatabase’ isi dengan user database yang telah dibuat
  • ‘passworddatabase’ isi dengan password database website kamu

 

Cara Backup Website WordPress Silahkan Buka Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.