Cara mengganti domain blog ke domain berbayar

Cara mengganti domain blog ke domain berbayar

Posted on

Cara mengganti domain blog ke domain berbayar – Cara mengganti domain blogspot dengan domain TLD- Pada postingan kali ini saya akan membagikan tips cara mengarahkan blogspot menjadi .com atau dengan kata lain mengganti dengan domain yang sudah kita beli dari provider penyedia domain.

Cara ini di khususkan bagi sobat blogger yang belum mengetahui cara mengarahkan domain blogspot ke domain TLD, untuk mendapatkan domain yang di inginkan sobat cukup membeli di salahsatu penyedia hosting seperti niagahoster , idhostinger, dewaweb dan masih banyak lagi yang lainnya silahkan sobat pilih yang sesuai dengan selera dan isi kantong hehe.

TLD adalah singkatan dari Top Level Domain yang merupakan akhiran dari sebuah nama website atau situs dan menjadi ciri khas website atau blog itu sendiri,misalkan .com (dotcommercial) .gov ((dotgoverment) biasanya domain ini digunakan khusus bagi website pemerintahan, .org (dotorganization) biasanya TLD ini di gunakan untuk website organisasi, .in (dotindia) ini juga menunjukan bahwa pemilik website tersebut berasal dari india, .id untuk TLD indonesia sobat bisa membelinya asal memenuhi syarat bisa di lihat di penyedia layanan.

Fungsi domain sendiri menurut yaitu untuk menerjemahkan IP (internet protokol “biasanya berupa angka”) sebuah website menjadi hurup agar si pengguna atau pengunjung mudah untuk menghapal atau mengakses website yang di inginkan, untuk melihat alamat ip website sobat bisa menggunakan w3snoop.com. Untuk cara merubah domain blogspot ke domain berbayar sobat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini, disini saya memebeli domain dari niagahoster, Sebelum mengikuti langkah langkah dibawah ini sebaiknya baca juga artikel saya yang membahas hal yang sama mengenai Cara mengganti domain blog ke domain berbayar  :

 

Bagaimana Cara mengganti domain blog ke domain berbayar

login pada blogger.com

1. Silahkan sobat log in ke blogger cari “Setting” klik, pada bagian Publishing disitu terlihat blog address maka akan terlihat “Setup 3rd party URL for yourblog” lihat gambar.

 

Cara mengganti domain blog ke domain berbayar

Masukan Domain

2. Silahkan klik pada bagian “Setup 3rd party URL for yourblog” maka akan muncul menu baru silahkan sobat masukan domain yang sudah di beli dari provider klik “Save”.

 

 

Cara mengganti domain blog ke domain berbayar

Jangan panik

3. Setelah klik simpan atau “Save” maka akan terjadi error 14 biarkan saja memang kita belum nge-pointing pada domain yang telah dibeli, biarkan saja jangan di tutup.

 

Cara mengganti domain blog ke domain berbayar

 

Pilih provider domain yang tepat

4. Setelah itu sobat buka domain yang sudah di beli, disini saya membeli domain di niagahoster , untuk yang membeli di layanan lain caranya sama tinggal cari kata “kelola”, klik di menu bagian “Produk dan Layanan” maka akan terlihat domain yang sudah di order/pesan, klik pada bagian “kelola”.

 

Cara mengganti domain blog ke domain berbayar

 

Buka Dns Management

5. Setelah itu maka akan muncul menu baru, klik pada bagian “DNS Management” di bagian bawah akan terlihat “Name Server” yang nanti akan digunakan untuk mengisi pada bagian “Name Server”, silahkan lihat gambar. (untuk yang beli di provider lain mungkin sama tinggal cari aja istilah yang mendekati).

 

Cara mengganti domain blog ke domain berbayar

 

6. Sekarang klik pada bagian “Name Server” isikan atau ganti name server bawaan, Name server biasanya di awali dengan NS1.nameserver.com, silahkan ganti semua yang tadi berada pada DNS Management, kecuali kalau sobat membeli domain dan hosting dalam satu provider jangan di ganti, karena kita hanya membeli domainnya saja jadi wajib di ganti supaya blog kita bisa di akses dengan domain yang sudah di beli, apabila “Name Servernya” sudah di isi silahkan klik “Update”. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

 

 

7. Kemabali ke menu “DNS Management” klik “Add New Record”.

 

Tambahkan Dns yang diperlukan pada Dns Management

8. Setelah mengikuti langkah no 7 dengan benar maka akan muncul menu baru, disini kita akan menambahkan Cname. Pada bagian “Record type” silahkan pilih “Cname” pada bagian “Domain” isi dengan “WWW” pada bagian Hostname isi dengan “ghs.google.com dan klik “Save”. untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

 

 

9. Setelah itu “Add New Record” lagi sekarnag membuat Cname yang ke dua, pada bagian “Record type” silahkan pilih “Cname” pada bagian “Domain” isi dengan kode pada blog yang tadi terjadi error 14, untuk lebih jelasnya selahkan lihat gambar.


Cname ke dua menjadi 

 

10. Sekarang tinggal menambahkan “A Record”, silahkan “Add New Record” lagi, pada bagian “Record Type” pilih “A Record”, pada bagian domain silahkan isi dengan kode “@” pada bagian “Ip or Hostname” silahkan isi dengan ip Google (216.239.32.21).

 

 

 

Tambahkan ip Google

11 Sekarang tinggal menambahkan “A Record” , silahkan “Add New Record” lagi, pada bagian “Record Type” pilih “A Record”, pada bagian domain silahkan isi dengan kode “@” pada bagian “Ip or Hostname” silahkan isi dengan ip Google (216.239.34.21).

12. Sekarang tinggal menambahkan “A Record”, silahkan “Add New Record” lagi , pada bagian “Record Type” pilih “A Record”, pada bagian domain silahkan isi dengan kode “@” pada bagian “Ip or Hostname” silahkan isi dengan ip Google (216.239.36.21).

13. Sekarang tinggal menambahkan “A Record”, silahkan “Add New Record” lagi , pada bagian “Record Type” pilih “A Record”, pada bagian domain silahkan isi dengan kode “@” pada bagian “Ip or Hostname” silahkan isi dengan ip Google (216.239.38.21).

14. Apabila mengikuti langkah dengan benar maka akan nampak seperti gambar di bawah ini.

 

 

15. Kembali pada blog sobat silahkan klik save, pabila sobat mengikuti langkah-langkahnya dengan benar harusnya sekarng blogsobat bisa di akses melalui domain yang sudah di beli tadi. Catatan “Apabila terjadi error 12 biakan saja mungkin belum ter-pointing dengan benar silahkan tunggu 1X24 jam, tapi setelah saya melakukan langkah di atas langsung bisa di akses dengan nama domain yang di daftarkan”

16. Setelah berhasil sobat klik pada bagian “Edit” terus ceklis bagian “Redirect blogsobat.com to www.blogsobat.com”.

 

 


Sekian totorial atau tips yang bisa saya tentang cara mengganti domain blog ke domain berbayar, apabila sobat menemukan kendala dalam proses pointing silahkan berkomentar di bawah. Sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.