Cara membuat vps di aws ( amazon web service ) EC2

Cara membuat vps di aws ( amazon web service ) EC2

Posted on

Cara membuat vps di aws ( amazon web service ) EC2 sangatlah mudah, tapi sedikit ribet di bandingkan dengan penyedia vps yang lain, disini saya akan fokus pada pembahasan cara membuat vps di aws pada akun free tier.

 

Apa itu aws free tier?

Akun aws free tier adalah akun yang di sediakan oleh amazon secara geratis. Harap di ingat untuk membuat akun aws kita di haruskan untuk mempunyai kartu kredit seperti yang telah saya jelaskan disini.

 

 

Apa kelebihan aws free tier?

Kelebihannya sangat banyak salah satunya kita di berikan akses terbatas yang dimiliki oleh amazon web servis dengan menggunakan Os Linux selama satu tahun.

 

Batasan penggunaan aws free tier

Tapi harap menjadi catatan, pihak aws memberi batasan pada akun jenis ini, kita di batasi penggunaan selama 750 jam per bulan dalam jangka waktu satu tahun penuh atau selama 12 bulan, jadi jangan sampai salah menilai yang akhirnya kita ke bobolan.

Untuk memulai Cara membuat vps di aws ( amazon web service ) EC2 sangatlah mudah tinggal kita buka bagian menu EC2 dan pilih pada pada bagian aws management console kemudian cari “free tier eligable”, jangan sampai salah pilih biasanya jenis instance ini menggunakan istilah t2.micro atau t4g.micro, untuk lebih rincinya nanti akan saya coba jelaskan di bawah.

Dan ingat, amazon tidak akan melakukan penagihan pada akun aws free tier selama mengikuti aturan yang di buat atau TOS (Term Of Services). Contoh yang sering terjadi adalah, kita memiliki akun free trial kemudian kita membuat instance t2.micro dengan menggunakan linux ubuntu 18.4 Lts, maka selama 12 bulan kita akan bebas tagihan tanpa di pungut biaya, ingat 750 jam itu per bulan yah.

 

Cara menghitung penggunaan aws free tier

Untuk cara hitungnya begini, satu hari 24 jam kali 31 atau 30 hari. 1X intance (t2.micro) X 24 jam X 31 hari = 744 jam maka tidak perlu membayar karna kita menggunakan 1 buah instance.

Kalau kita membuat instance lebih dari satu misalkan 2 buah vps dengan menggunakan linux yang sama dan menggunakan tipe free tier eligable, maka akan di kenakan biaya tambahan, kita akan buktikan cara menghitungnya, 2 vps (t2.micro) X 24 Jam X 31 hari = 1.448 jam, maka sudah melanggar aturan yang di buat oleh mereka.

Kalau kita sudah melanggar aturan main mereka dan kartu kredit kita tidak aktif atau menggunakan VCC dan saldonya 0, besar kemungkinan akun kita akan di banned atau di bekukan. Ingat ukuran penggunaannya yaitu 750 jam perbulan. Untuk penjelasan lebih detail silahkan buka dokumentasi amazon disini.

Setelah saya jelaskan sedikit aturan yang berlaku, Lantas bagaimana Cara membuat vps di aws ( amazon web service ) EC2, untu lebih jelasnya silahkan ikuti cara yang saya akan coba jelaskan se detail mungkin di bawah ini:

Cara membuat vps di aws ( amazon web service ) EC2

1. Log in pada akun aws yang telah di buat, pilih EC2.

 

2. Pada bagian Ec2 Dashboard silahkan pilih bagian instances. Kemudian klik pada menu bagian launch instances, seperi pada gambar ini.

 

 

3. Kemudian akan muncul pilihan OS yang akan kita gunakan pada vps kita, silahkan pilih sesuai kebutuhan. Disini saya akan menggunakan vps dengan os Linux ubuntu 18.04 LTS (HVM) 64-bit (x86).

 

 

4. Akan muncul pilihan tipe vps yang akan kita buat, jangan lupa pilih bagian yang “free tier eligable”. Pada bagian pojoknkanan bawah klik “next: configure instance details”

 

 

5. Pada bagian menu “configure instance” biarkan default tidak perlu di ubah, pada bagian bawah kanan klik “next: add storage”.

 

 

6. Pada bagian menu “add storage” biarkan saja secara default, klik “next: add tags.

 

7. Pada bagian add tags biarkan saja kosong, klik next:configure security group.

 

8. Pada bagian security group biarkan saja port 22 open untuk remote server dari luar dengan ssh. Untuk bagian securyty group name silahkan beri nama sesuai keinginan disini saya menggunakan nama “free tier” bertujuan untuk merubah atau menambah port yang apabila nanti ada port yang ke blok oleh default security seperti port 80 (http) atau por 443 (https) dan port yang lainnya, jadi kita tinggal tambahkan atau hapus port yang tidak di perlukan, setelah itu klik “next: review and launch”.

 

 

9. Setelah itu akan muncul kesimpulan atau detail dari instantance yang telah kita rangkai dari pertama, perhatikan lagi pada detail instance yang akan kita buat, terutama perhatikan pada security group, apa bila sudah benar dan sudah yakin tidak ada masalah, silahkan kanjutkan dan klik “Launch”.

 

10. Maka akan muncul pop up disuruh untuk membuat sebuah key pair untuk meremote server kita dari luar dengan menggunakan ssh, dan jangan lupa download keypairnya, setelah di download klik launch instances dan tunggu beberapa saat sampai selesai.

 

11. Setelah menunggu beberapa saat, kita klik bagian view instances, maka akan di arahkan pada menu instances dan ip publik yang akan kita gunakan untuk remote server vps kita.

12. Untuk konfigurasi lebih lanjut jangan lupa untuk meremote dengan ip publik vps kita dengan ssh, untuk melihat berapa ip publik ip vps kita silahkan lihat pada bagian instance pada bagian public ipv4 DNS. Dan silahkan gunakan software ssh client yang tepat menurut masing-masing.

 

Sekian saja yang dapat saya jelaskan dan saya bagikan, apabila ada kesalahan atau penjelasan yg kurang pas silahkan berkomentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *