cara install ulang windows 7

Cara install ulang windows

Posted on

Cara install ulang windows – Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara menginstall windows 7 di komputer dan di laptop, cara ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi orang yang sudah bisa menginstall ulang windows dan banyak sekali tutorial yang bertebaran di internet yang membahas cara mengintall ulang windows 7.

Cara yang techkomputer.com berikian bisa di praktekan pada PC (Personal Computer) dan juga Laptop dan Notebook, karena pada dasarnya sama saja langkah-langkahnya seperti install ulang pada PC Desktop, tutorial kali ini saya khususkan bagi orang yang mau belajar cara install ulang windows.

Kalau sobat bisa mengikuti cara ini di jamin untuk install windows yang lainnya seperti menginstall windows 8 dan install windows 10.

Kenapa sih komputer , netbook dan notebook perlu di install ulang windowsnya?? ya bagi yang belum tahu mungkin terbesit di benaknya seperti itu, jawabannya lumayan bervariasi tapi yang sering di temui kendalanya yaitu di akibatkan karena virus yang merusak system windows kita teruta system 32 atau bisa juga kita salah menghapus file system windows sehingga mengakibatkan crash dan kinerja komputer menjadi lambat kaya siput.

Termasuk saya sendiri waktu pertama kali mempunyai PC dan saya masih ingat RAM 1 GB atau 512 MB waktu itu bisa di bilang wooow dan saya waktu itu iseng menghapus file system windows yang berada pada Drive letter ( C:) dan beberapa detik kemudian komputer saya hang dan akhirnya crash tidak bisa di apa-apain ya terpaksa saya nyari teman yang bisa install ulang windows.

Apalagi anak kuliahan sering cus cos keluar masuk Flashdisk jadi sering bertukar virus terupdate dari warnet dan akhirnya komputer terasa lambat dan terpaksa harus install ulang lagi. Cara install ulang windows silahkan ikuti tutorial di bawah ini, disini techkomputer.com menggunakan windows 7.

Cara Install Ulang Windows

Cek Hardisk atau SSD

1. Cara install ulang windows – Sebelum memulai penginstallan windows 7 sebaiknya periksa dahulu posisi windows kita sebelumnya terinstall di Drive mana, ini penting karena kalau salah pilih drive waktu memilih waktu pas install ulang maka data sobat akan lenyap atau hilang secara permanen, biasanya windows berada pada Drive C: tapi harus benar-benar di perhatikan.

Perhatikan dari segi ukuran dan nama masing-masing setiap drive supaya nanti tidak bingung mau di drive mana windows akan terinstall, Saran saya berinama yang berbeda pada setiap partisi seperti partisi untuk data berinama Data dan pada partisi windows silahkan rename menjadi Windows supaya nanti jelas posisi partisi mana yang akan di delet dan di install ulang dan simpan semua data yang penting seperti data excel atau data word dan data lainnya pindahkan pada partisi yang aman seperti di drive D, E atau ke flashdisk.

Setting Bios

2. Cara install ulang windows – Apabila sudah memperhatikan pada no satu, sekarang sobat tinggal masuk Bios, Setiap motherboard memiliki setting bios yang berbeda untuk mengaturnya, untuk mempermudah sobat perhatikan waktu start up atau awal komputer masuk/naik.

Waktu komputer di nyalakan sering ada tulisan (Press….to Enter Setup) biasanya tombol itu untuk masuk bios, biasanya dengan menekan tombol Del atau F8 atau F2 atau F11 dan lain-lain, disini techkomputer.com menggunaka bios phoenix untuk masuk windows cukup tekan Del.

Atur posisi booting

3. Cara install ulang windows – Setelah pada no dua di perhatikan disini techkomputer.com akan menjelaskan untuk apa masuk bios terlebih dahulu? jawabannya cukup simpel yaitu untuk mengatur posisi CD/DVD supaya waktu Booting terbaca pada posisi pertama supaya windows waktu pertama kali di nyalakan atau booting yang terbaca yaitu CD/DVD drive kita baru kedua HDD.

Simpan pengaturan bios

4. Cara install ulang windows – Kemudian setelah masuk Cari kata Boot, kalau sudah ketemu Ubah posisi first boot atau posisi booting pertama ke CD/DVD yang ke dua HDD yang ketiga dan seterusnya bisa sobat Disable.

Cara memindahkan posisi CD/DVD bisa di lihat pada bagian “Help” di sebelah kanan disitu ada penjelasan cara memindahkan posisinya.

Kalau sudah di pindahkan posisi CD/DVD menjadi urutan pertama, silahkan simpan settingan biosnya dengan melihat pada bagian bawah cari kata “Save and Exit“, apabila ragu maka bisa dikembalikan pada setting Default silahkan lihat pada bagian bawah Setup Default untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Tekan salah satu tombol keyboard saat booting

5. Setelah merubah posisi CD/DVD menjadi urutan pertama dan berhasil menyimpannya, maka komputer akan mati dan mulai booting dengan membaca CD/DVD pada posisi pertama . Maka akan ada tulisan press any key to boot from cd or dvd ….
dari situ berarti komputer sudah membaca cd windowsnya maka tekan “tombol apa saja” pada keyboard.

Pilih bahasa yang akan digunakan

6. Setelah menekan salah satu pada bagian keyboard maka Windows loading files akan mucul biarkan saja sampai mucul untuk settingan pada windows yang akan di install, pada bagian languange to install silahkan sobat pilih bahasa apa yang akan di gunakan tapi techkomputer.com sarankan untuk memilih bahasa inggris.

Pada bagian time and currency format silahkan pilih Indonesia ini fungsinya untuk menunjukan waktu dan lokasi yang nanti akan tampil pada komputer. Untuk bagian Keyboard or input method saya sarankan untuk membiarkan US, biasanya kalau di rubah nanti akan ada error seperti titik menjadi koma dan lain-lain, setelah itu klik next untuk melanjutkan untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

7. Setelah itu maka akan muncul menu baru silahkan klik Install Now.

Pilih jenis windows yang akan di install

8. Kemudian akan muncul beberapa pilihan windows yang akan di install seperti Windows Starter, Windows Home, Windows Ultimate dan lain-lain silahkan sesuaikan dengan hardware pada komputer sobat dan perhatikan apakah komputer sobat mendukung x64 (64Bit) atau hanya mendukung x86 (32bit).

Untuk komputer yang speknya lumayan tinggi seperti mempunyai RAM 4 GB saya sarankan untuk menginstall yang x64 supaya kinerja komputer kita lebih maksimal. Setelah memilih silahkan klik Next.

9. Kemudian centang I Accept the license terms kemudian Next

Pilih custom Install

10. Maka akan mucul pilihan Upgrade atau Custom, disini terserah sobat mau pilih yang mana kalau sobat pilih Upgrade biasanya ini digunakan untuk mengupgrade windows kita sebelumnya seperti dari windows XP dan nantinya biasanya akan muncul Windows.old pada drive installan kita. Saya sarankan untuk menggunakan yang Custom agar file windows yang sebelumnya bersih tanpa ada sisa.

Pilih partisi yang akan digunakan windows

11. Setelah itu akan muncul Drive Letter atau Partition yang ada pada komputer, disini harus hati-hati supaya tidak terjadi kesalahan seperti kehilangan data penting yang terdapat pada komputer kita seperti data skripsi atau data-data kantor yang bersifat penting. Biasanya posisi windows pada bagian partition 2 karena biasanya partition 1 untuk System Reserved 100Mb jadi disini harus sangat hati-hati lihat kembali pada point no satu.

Setelah sobat yakin posisi windows sebelumnya berada pada posisi mana silahkan sobat klik partition tersebut kemudian klik pada bagian bawah Drive Option (Advanced) maka akan muncul Delete dan Format, Silahkan sobat klik partition mana yang akan di install windows kemudian Delete partisi tersebut dan akan muncul Unallocated space klik unallocated space tersebut kemudian klik New langsung klik Apply. Supaya lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.

12. Setelah membuat partisi yang unallocated tadi berhasil maka windows yang sebelumnya otomatis hilang dan sekarang partisi tersebut kembali kosong , klik partisi tersebut kemudian next.

13. Dari sini prosess install windows sudah di mulai tinggal sobat sediain kopi saja dan roko bagi yang merokok , waktu install windows tergantung pada hardware komputer yang di gunakan semakin gagah hardwarenya maka semakin cepat proses install windowsnya sebaliknya jika hardware komputer yang di gunakan biasa aja maka ya gitu deh hehehe. kalau sobat mengikuti langkah no 12 dengan benar maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

14. Setelah proses di atas selesai maka komputer akan restart beberapa kali biarkan saja, apabila ada kolom seperti nama komputer silahkan sobat isi sesuai dengan keingingan, untuk pengaturan zona waktu silahkan ganti dengan GMT+7 atau UTC+7.

Pokonya cari yang ada jakartanya, dan apabila waktu komputer sobat restart waktu prosses pada no 13 apabila pas Booting muncul Press Any Key To Boot Froom CD or DVD… biarkan saja jangan mencet apapun pada keyboard, apabila sobat mencet salah satu bagian pada keyboard maka proses install ulang akan kembali pada waktu pertama, Jadi biarkan saja apabila muncul tulisan tersebut saat windows booting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.