Cara instal ulang windows 7 dengan flashdisk

Posted on

Cara instal ulang windows 7 dengan flashdisk tanpa CD atau DVD – Bagi sobat yang komputer atau laptopnya kena virus atau system windowsnya ada yang corrupt pasti memerlukan instalasi ulang windowsnya, akan tetapi bagaimana kalau seandainya pada laptop atau notebook atau PC sobat tidak ada CD/DVD pasti dong bingung? dari alasan itulah saya memberikan cara install ulang windows 7 dengan menggunakan media flashdisk,

Pada dasarnya untuk install ulang windows baik itu XP, Windows 7, windows 8 dan windows 10 sangat mudah asal sobat bisa install windows 7 saja pasti bisa install versi windows yang lainnya, apabila sobat bisa install ulang windows pada PC (Personal Computer) atau lebih di kenal dengan kata komputer desktop pasti sobat juga bisa bagaimana cara install ulang windows pada sebuah laptop dan notebook baik itu windows xp, windows 7 dan versi windows terbaru setelah generasi itu.

Cara install windows 7 sebenarnya bukan hal yang asing bagi sobat yang sudah berpengalaman di dunia komputer akan tetapi kata install ulang windows akan sangat menjadi asing bagi orang yang baru belajar masalah instal ulang, baik itu install ulang laptop atau komputer.

Kembali pada topik pertama lalu bagaimana seandainya komputer atau laptop kita tidak mempunyai CD/DVD? ya solusinya satu menggunakan media lain seperti flashdisk dan yang “lainnya” mudah-mudahan kata yang “lainnya” bisa di jelaskan pada postingan berikutnya.

karena selain media flashdisk ada juga media lainnya untuk mengakali supaya windows bisa terinstall apabila tidak mempunyai CD/DVD plus flashdisk mudah-mudahan di postingan berikutnya di bahas oleh saya.

Disini yang berbeda adalah waktu membuat windowsnya supaya bisa booting lewat flashdisk kalau di pake CD atau DVD kan tinggal masukin terus setting bios tidak perlu ribet lagi, tapi kalau pakai media flashdisk ya mau tidak mau harus menggunakan software terlebih dahulu, software yang di sarankan oleh saya yaitu Rufus, menurut saya software yang satu ini sangat friendly user dalam arti mudah digunakan.

Selain pakai software sebenarnya ada cara manual yaitu dengan menggunakan Command Prompt tapi disini saya tidak akan membahas cara tersebut mudah-mudahan nanti saya ingat dan pasti saya akan membuat tutorialnya.

Selain menggunakan Rufus sobat bisa menggunakan software windows maker tool buatan asli microsoft tapi sering bermasalah dengan ukuran flashdisk yang harus 8GB dulu sih saya mengalami hal tersebut kalau pakai yang 4 GB pasti error ga tau kalau sekarang masih begitu atau tidak.

Selain menggunakan software di atas sebenarnya masih banyak yang lainnya yang salah satunya sobat bisa menggunakan software Novicorp software ini juga fungsinya sama seperti rufus tapi saya pribadi lebih suka menggunakan rufus bagi yang penasaran menggunakan Novicorp silahkan sobat download dengan cara mengetik di google search sesuai dengan namana tersebut.

Rufus selain sangat mudah di gunakan ia juga memiliki ukuran yang sangat kecil tidak terlalu besar tapi kualitas bisa sobat rasakan nanti ya hehehe, untuk mendownloadnya silahkan sobat buka di official website Rufus di website terpercaya.

Download terlebih dahulu filenya, setelah di download silahkan buka filenya dan siapkan flashdisk berukuran minimal 4 GB, kenapa 4 GB? ya memang segitu ukuran file windowsnya sendiri hampir 4 GB jadi hanya itu saja jawabannya hehehe. setelah alat tempurnya sudah siap maka silahkan ikuti langkah yang akan saya jelaskan di bawah.

Cara instal ulang windows 7 dengan flashdisk

Installl windows dengan menggunakan aplikasi Rufus

1. Download dulu di official websitenya.

2. Kalau sudah di download silahkan buka aplikasi tersebut.

3. Silahkan masukan flashdisk sobat ke komputer atau laptop, Maka rufus akan langsung mendeteksi posisi flashdisknya berada di drive apa, disini posisi flashdisk saya berada pada drive (G:).

apabila kurang yakin sobat cek dahulu lewat windows explorer untuk meyakinkan samakan drive letter flashdisk sobat dengan yang terdetek oleh rufus.

Cara instal ulang windows 7 dengan flashdisk

4. Sekarang yang di perlukan adalah menyiapkan iso Image yang berisi windows, Kembali ke aplikasi rufus rubah menjadi Iso Image kemudian klik gambar CD/DVD untuk memilih Iso Image windows yang tadi kita siapkan kemudian pilih Iso windowsnya klik Open, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara instal ulang windows 7 dengan flashdisk

5. Kalau semuanya sudah benar silahkan klik Start dan tunggu sampai selesai, kalau sobat mau lihat proses nya silahkan klik Log.

6. Apabila proses mengkopi windows ke flashdisk sudah beres, biarkan saja dulu Flashdisk nya jangan di cabut , Sekarang silahkan masuk bios, dan rubah posisi flashdisk menjadi urutan pertama baru yang ke dua hardisk, biasanya terdetek sesuai merk masing-masing flashdisk di Bios.

Cara instal ulang windows 7 dengan flashdisk

7. Setelah settingan biosnya di simpan sekarang tinggal mulai proses install windows lewat flashdisknya, proses installnya sama seperti install windows pakai CD/DVD, Untuk lebih jelasnya silahkan sobat lihat postingan saya sebelumnya

Langkah-langkah cara install ulang windows disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.