cara backup website wordpress

Cara backup website wordpress

Posted on

Cara backup website wordpress – WordPress adalah sebuah sistem manajemen konten atau content management system (CMS) yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL , biasanya menggunakan DBMS MySQL atau MariaDB sebagai server database, tetapi juga pengguna wordpress bisa menggunakan DBMS SQLite sebagai server databasenya.

Apa yang dimaksud dengan DBMS?

Apa yang di maksud dengan DBMS (Database Management system) adalah wadah atau tempat penyimpanan semua data yang di gunakan oleh website kita pada sebuah hosting, orang sering salah menyebut bahwa Mysql atau MariaDB atau juga SQLite dan yang sejenisnya itu merupakan database pdahal semua software itu adalah sebagai wadah dari database itu sendiri.

Apa yang dimaksud dengan database?

Lantas apa yang di maksud dengan database, menurut saya database itu sendiri merupakan sekumpulan data yang berada dalam software (MYSQL, MariaDB dan yang lainnya).

WordPress di kembangkan sebagai sarana untuk memudahkan para penggunanya yang berminat untuk membangun sebuah website, WordPress sendiri bersipat opensource .

WordPress bisa digunakan sebagai sebuah website yang di dalamnya bisa di bagung sebagai webiste pribadi, website pemerintahan, website jual beli online, website organisasi, website forum dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan menggunakan wordpress

Kelebihan wordpress di bandigkan dengan yang lain adalah mudah digunakan atau user friendly dan gratis untuk digunakan diluar sana banyak penyedia tema yang bersipat gratis dan premium.

Selain tema banyak juga plugin atau tambahan yang melengkapi keperluan website yang di bangun dengan wordpress, sebagai contoh, plugin untuk keperluan SEO , plugin untuk mempercepat loading halaman website, plugin untuk share artikel dan masih banyak lagi yang lainnya.

WordPress itu sendiri dirilis pada tanggal 27 Mei 2003, oleh para pendirinya yang bernama, Matt Mullenweg dan Mike Little, sebagai sebuah Fork dari B2/cafelog. Perangkat lunak ini dirilis di bawah GPLv2.

Cara backup website wordpress

Apabila website kamu menggunakan wordpress berarti harus selalu memperhatikan website kamu dan selalu meng-update wordpress ke versi terbaru supaya website kamu aman dan selalu menggunakan patch terbaru untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan , seperti website kena deface , website kena Ddos atau website kena suspend oleh pihak hosting, website terhapus karna faktor ketidak sengajaan.

Untuk itu di perlukan yang namanya backup atau mencadangkan website secara berkala , lantas bagaimana cara backup website wordpress supaya aman dari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti yang telah saya sebutkan di atas? untuk itu disini saya akan menjelaskan se detail atau sejelas mungkin supaya mudah untuk di fahami. Silahkan ikuti langka-langkah berikut ini:

 

Cara backup website wordpress di Cpanel

1. Login ke cpanel

Silahkan login ke panel website kamu bagi pengguna cpanel silahkan login menggunakan akun cpanel yang telah di berikan oleh pihak penjual hosting.

 

2. Buka file manager

Setelah login berhasil , silahkan arahkan pada icon yang bernama File Explorer atau File Manager kemudian centang pada bagian show hidden file (ini bertujuan untuk menampilakan data yang secara default disembunyikan seperti .httaccess).

 

3. Buka folder public_html

Setelah file explorernya terbuka silahakan buka folder yang bernama domainkamu.com –>> Public_html. Disini kamu akan melihat seluruh file website yang berada pada hostingan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

 

cara backup website wordpress

4. Compress semua file

Kemudian blok dengan cara Select ALL seluruh folder dan file yang berada pada folder Public_html

 

cara backup website wordpress

cara backup website wordpress

 

5. Pilih extensi zip

Setelah di blok dengan cara Select ALL –> Klik kanan –> Compress –> pilih tipe kompress untuk backup , saya sarankan menggunakan extensi .zip silahkan berikan nama untuk hasil backupan nya.

Tambahan:
  • Apabila setelah Select ALL tidak bisa klik kanan , maka silahkan cari pada bagian menu atas dengan nama Compress seperti pada gambar di bawah ini;
  • cara backup website wordpress

 

6. Download file

Setelah berhasil di kompress file dan foldernya , silahkan download filenya. Di sini harusnya file kamu sudah ada cadangan tapi belum semuanya aman.

 

7. Backup database website

Setelah selesai download file backupan, sekarang saatnya kamu membackup database website kamu, sekarang kembali ke cpanel dan cari phpMyadmin kemudian buka dan cari nama database yang akan di export.

cara backup website wordpress

cara backup website wordpress

Tambahan: bagaimana caranya mengetahui nama database yang digunakan di website bersangkutan (karna lupa)
  • Buka lagi file explorer atau file manager
  • Buka domainkamu.com—> Public_html
  • Cari wp-config.php
  • Kemudian klik dan edit
  • Cari “define(‘DB_NAME’,”
  • Setelah tau nama databasenya silahkan kembali ke Phpmyadmin

 

8. Export database

Setelah tau nama databasenya silahkan klik pada bagian nama database —> Export —> GO. maka database website kamu akan otomatis terdownload.

cara backup website wordpress

Keterangan :
  • 1. nama database website.
  • 2. Export database.
  • 3. Nama database yang akan di backup.
  • 4. Silahkan download.

Sekarang seluruh website dan database website kamu aman dan harap selalu ingat silahkan backup terus website kamu supaya tidak terjadi hal yang tidak di harapkan.

 

Cara backup website wordpress versi 2

Cara di atas merupakan cara yang sangat sering saya gunakan dan tidak ada kendala sama sekali, Cara di atas merupakan cara yang menurut saya dangat effisient karna tidak perlu install lagi wordpress pada hosting apabila kamu pindah atau migrasi hosting.

Cara backup website wordpress hanya file dan folder tertentu

Apabila kamu mempunyai kendala dengan cara backup website wordpress dengan cara di atas dan tidak mau membackup seluruh folder pada bagian Public_html, silahkan ikuti arahan yang saya berikan di bawah ini.

  1. Silahkan login ke Cpanel
  2. Buka File Management atau File Explorer
  3. Silahkan arahkan pada bagian namadomain.com —> Public_html
  4. Cari folder dengan nama Wp Content, file wp-config.php dan file .htaccess (untuk memunculkan .htaccess silaakn buka setting pada bagian pojok kanan atas Show Hidden Files (dotfiles)cara backup website wordpresscara backup website wordpress
  5. Klik tiga folder dan file tersebut dengan cara klik satu-persatu sambil menekan tombol control
  6. Kemudian compress
  7. Silahkan download file backupnya
  8. backup database dengan cara di atas yaitu lewat phpmyadmin

Keterangan pada point no 4:

  • Di dalam folder wp-content disini biasanya website menyimpan tema yang berada pada wordpress, plugin yang terinstall, media yang di gunakan pada website dan lain-lain.

Cara backup website wordpress dengan menggunakan plugin

Cara backup website wordpress menggunakan plugin pihak ketiga merupakan cara yang sangat mudah dan paling gampang, tinggal tambahkan atau install plugin di dashboard admin website tidak perlu lagi login lewat cpanel dan backup database lewat PhpMyadmin dan software sejenisnya.

Cara backup website wordpress dengan menggunakan plugin:

  • Login ke website domain.com/wp-admin
  • Pada bagian kiri sebelah kanan klik Plugins
  • Klik Add New
  • Ketik pada bagian pencarian (keyword) dengan kata kunci “backup wordpress
  • Silahkan install plugin “UpdraftPlus WordPress Backup Plugin“klik Install Now
  • Setelah terinstall klik –> Activate
  • Kembali pada menu Plugins
  • Cari plugin Updraftplus kemudian klik —> Setting
  • Klik —> Backup Now —> akan muncul popup —> centang pada bagian

cara backup website wordpress

  • Tunggu beberapa saat sampai selesai
  • Apabila proses backup sudah selesai maka akan muncul Existing Backups 1
  • Silahkan download satu persatu dengan cara klik pada bagian-bagian seperti database, plugins, themes, uploads dan others. Sitelah itu klik download to your computer
  • Sekarang website kamu sudah aman dengan memanfaatkan plugin pihak ketiga

Cara backup website wordpress versi 4

Cara ini merupakan yang paling mudah di antara yang lainnya yang telah saya jelaskan di atas, cara ini yaitu mengguanakan software bawaan Cpanel , cara ini berfungsi selain sebagai backup ketika website kamu error dan me restore pada hosting yang sama, cara ini juga bisa kamu gunakan ketika kamu ingin berpindah layanan, jadi ketika pindah hosting kamu tidak perlu lagi instal wordpress dan install yang lainya. Untuk itu silahkan perhatikan di bawah ini.

1. Silahkan Login ke Cpanel

2. Cari aplikasi Backup Wizard silahkan buka aplikasinya

 

cara backup website wordpress

 

 

3. Setelah terbuka klik Backup –> klik Full Backup–>Klik Generate Backup

info tambahan:

  • Pada bagian Backup Destination silahkan pilih Home Directory apabila kamu ingin menyimpan website pada server kamu, kamu juga bisa menyimpan file hasil backupan tadi lewat FTP server silahkan pilih bebas, saya sarankan simpan di local server saja .
  • Pada bagian Email Address silahkan isi dengan email kamu yang digunakn, ini berfungsi apikasi tersebut akan mengirim notifikasi lewat email ketika website kamu berhasil di backup, apabila kamu tidak ingin menggunakan notif pada email silahkan klik pada bagian Do not send email notification of backup completion. cara backup website wordpres

Cara Restore Website wordpress Silahkan Klik Disini

Apabila kamu mempunyai website dari platform blogspot kemudian ingin menggunakan custom domain silahkan baca artikel berikut ini dan cara membuat email .

Leave a Reply

Your email address will not be published.